Mobil Mercedest-Benz G63 AMG 6X6 Rajanya G-CLASS
JIP - Pertama kali gambarnya nongol, langsung
menarik perhatian penyuka SUV. Waktu itu, hampir tak ada data teknis,
dan pihak Mercedes pun menyatakan varian ini adalah pesanan khusus
seorang sheik di Dubai. Meski datanya rada misterius, namun
tampilan 6 rodanya yang sangar seolah “memaksa” Mercedes memberikan
informasi tambahan. Malah, karena menuai perhatian besar, akhirnya
justru diumumkan bahwa versi ini akan diproduksi secara ekslusif, hanya
20 hingga 30 unit setahun mulai Oktober 2013 ini.
Karena eksklusifnya itu, harganya pun dipatok 3 kali lipat AMG G63
biasa, alias mendekati US $500 ribu! (kurang lebih Rp 5 miliar) Meski
sangat mahal, rasanya tak menjadi masalah buat juragan minyak dan
anggota keluarga kerajaan di Dubai. Toh, spesifikasi semacam ini memang
dibuat pertama kali untuk mereka kok.
Sebenarnya ini bukanlah G-Class beroda 6 yang pertama bagi Mercedes.
Toh, mereka sudah membuat versi militer berbasis G320 CDI. Kendaraan
pesanan Australia itu sudah operasional semenjak 2011 lalu.
Varian berlabel AMG ini mengambil dasar dari versi miiliter itu.
Tentunya dengan beberapa perbedaan spesifikasi yang membuatnya lebih
cocok untuk keluarga kerajaan.
Dibanding versi 4 rodanya, G63 beroda 6 ini lebih panjang 1.105 mm,
lebih lebar 226 mm, dan lebih tinggi 272 mm. Maklum, basisnya militer
dan wheelbasenya memang mengakomodir 3 gardan.
Bila dimensi mengikuti militer, maka mesin dan transmisi merunut versi
AMG. Mesin diesel 3.000 cc pada militer, diganti V8 bensin twin turbo bertenaga 536 dk. Girboks otomatis 5 speed pun ditukar versi 7G-Tronic yang lebih sporty
dan canggih. Dengan spesifikasi seperti ini, “diperkirakan akeslerasi
0-100 km per jam dapat dicapai kurang dari 6 detik,” begitu ungkap Axel
Harries, Chief of G-Class Development. Namun, demi alasan
keamanan, kecepatan puncak juga dibatasi hingga 160 km per jam saja.
Maklum, ban standarnya yang berukuran 37 inci tidak didesain untuk
ngebut sekencang itu.
Soal kemampuan off-road, tak perlu diragukan lagi. Basis kendaraan militer menjamin ketangguhannya. Namun dengan ground clearance 460 mm, sudut approach dan departure masing-masing 52 dan 54 derajat, serta fording depth hingga 39,3 inci, monster 6 roda ini pun tak khawatir diajak petualangan ekstrem, apalagi medan gurun.
Enam roda tentu membawa traksi luar biasa, sekaligus kerumitan pengaturan drivetrain.
Transfercase-nya memiliki rentang rasio yang lumayan jauh, dari 0,87 : 1
untuk jalan mulus, hingga 2,16: 1 untuk off-road. Tentu dilengkapi
pengunci diferensial elektronik dengan pembagian tenaga untuk gardan
depan, tengah dan belakang berkomposisi 30 : 40 : 30. Bila G-Class
diesel yang kami coba tahun lalu memiliki 3 pengunci differensial, maka
yang enam roda ini punya 5 diff-lock, yang dioperasikan via 3 tombol pada dasbor.
Jangan lupa, selain rodanya ada enam, setiap roda juga berukuran besar,
yakni 37 inci, dan terpasang pada pelek 12,5 inci. Mendukung ground clearance tinggi adalah sistem gardan portal, yang juga berarti tambahan rasio gigi lagi yang membuatnya lebih sakti.
Bak
Meski statusnya pikap, jangan mengira bak belakangnya siap untuk kerja
keras. Ingat, ini adalah kendaraan para raja minyak, jadi bak belakang
justru dihiasi lapisan bambu bernuansa mewah. Ada rollbar sederhana
untuk membantu struktur bodi dan sasis. Sedangkan bak sendiri mampu
menahan barang hingga 700-an kg.
Kabin
Interior bernuansa mewah. Lapisan kulit dan Alcantara menutupi sebagian
besar panel dan jok. Jok belakang yang biasanya berisi bangku untuk
tiga orang, diganti dua buah jok dengan pengaturan elektronik, yang
tentu berlapis kulit.
Suspensi
Tampak terpasang sokbreker dengan reservoir, yang ditopang per keong
untuk semua roda. Pemasoknya tak tanggung-tanggung, yakni Ohlins yang
sudah terkenal di lintasan balap.
Kaki
As kopel untuk gardan belakang langsung dari gardan tengah. Sekalian
perhatikan konstruksi lengan ayun dengan sumbu karet, mirip Landy
Defender.
Kompresor
Agar lebih sakti di medan pasir, maka dipasang sistem pengatur tekanan
angin ban yang dikendalikan dari dalam kabin. Sebuah kompresor terhubung
dengan empat tangki udara memungkinkan kita mengatur tekanan ban dari
7,3 Psi hingga 26 Psi, hanya dalam 20 detik!
Angin
Inilah pengaturan tekanan angin ban yang ada di kabin. Simpel, praktis,
dan sangat efektif ketika menembus medan bertraksi minim seperti gurun
pasir.
Spesifikasi
Mesin : V8 DOHC 32-valve Bensin
Sistem induksi : Injeksi elektronik dengan twin-turbocharger dan intercooler
Kapasitas : 333 cu in, 5.461 cc
Tenaga : 536 dk
Transmisi : Transfercase 6x6, 7-speed automatic
Kemudi : Power Steering Hidraulis
Gardan : Portal solid
Suspensi : Per Keong + Sokbreker Ohlins
Ban : 37x12,50R18LT
Pelek : 18 x 12,5 inci
Mercedes-Benz ingin terlihat memberikan kejutan kepada semua orang pada tahun lalu yaitu dengan perubahan radikal pada model mobil G63 AMG 6X6 yang dihargai dengan US$615.000 atau dibandrol dengan harga Rp.73 milyar.
Yaaaa begitulah gan informasi spesifikasi mobil Mercedes-Benz G63 Amg 6X6 dari saya, semoga bermanfaat bagi Agan-agan sekalian "buat nambah-nambah wawasan laah Gans", Cukup sekian :-) Thanks............... :-) :-) :-)
0 komentar:
Posting Komentar