Minggu, 13 November 2016

Sejarah BMW Motor Cycle

Pra-1921

BMW mulai tahun 1916 sebagai reorganisasi Rapp Motorenwerke, sebuah pesawat mesin produsen yang mulai produksi sebelum Perang Dunia I. Dengan Gencatan Senjata itu, Perjanjian Versailles melarang angkatan udara Jerman dan pembuatan pesawat di Jerman, sehingga perusahaan beralih ke membuat rem udara, mesin industri, mesin pertanian, kotak peralatan dan perabot kantor dan kemudian ke sepeda motor dan mobil.

1921-1945

1920 Helios, yang dibuat oleh Bayerische Flugzeugwerke denganBMW M2B15 mesin
Pada tahun 1921, BMW mulai pembuatan nya M2B15 mesin datar kembar. Dirancang oleh Max Friz untuk digunakan sebagai mesin industri portabel, yang M2B15 sebagian besar digunakan oleh produsen sepeda motor, terutama Victoria dari Nuremberg, dan Bayerische Flugzeugwerke di sepeda motor Helios mereka. [1] [2] Friz juga bekerja pada mobil mesin. [Kutipan diperlukan]
BMW bergabung dengan Bayerische Flugzeugwerke pada tahun 1922, mewarisi dari mereka sepeda motor Helios dan kecil dua-strokesepeda bermotor disebut Flink. [1] [2] Pada tahun 1923, BMW pertama "di frame" versi mesin boxer dirancang oleh Friz. The R32 memiliki 486 cc (29,7 inci kubik) mesin dengan 8,5 hp (6,3 kW) dan kecepatan tertinggi 95 sampai 100 km / jam (59-62 mph). [3] Mesin dangearbox membentuk baut-up tunggal Unit. Pada saat banyak produsen sepeda motor yang digunakan Total-loss sistem meminyaki, mesin BMW baru menampilkan sirkulasi bah basah sistem meminyaki dengan infus untuk bantalan rol. Sistem ini digunakan oleh BMW sampai 1969, ketika mereka mengadopsi "tekanan tinggi minyak" sistem berdasarkan bantalan shell dan kelonggaran ketat, masih digunakan sampai sekarang.
R32 menjadi dasar bagi semua petinju bertenaga BMW sepeda motor masa depan. BMW berorientasi mesin boxer dengan kepala silinder memproyeksikan keluar di setiap sisi untuk pendinginan seperti yang dilakukan sebelumnya British ABC. Produsen sepeda motor lainnya, termasuk Douglas dan Harley-Davidson, selaras silinder dengan frame, satu silinder menghadap ke roda depan dan yang lainnya menuju roda belakang. R32 juga dimasukkan drive shaft. BMW terus menggunakan poros drive pada sepeda motor dan tidak menghasilkan rantai model-driven sampai pengenalan F650 tahun 1994.
BMW R2, sebuah 200cc satu silinder BMW sepeda motor. Single pertama-silinder BMW adalah 1.925 R39.
Pada tahun 1925, BMW memperkenalkan R39, 250 cc sepeda motor satu silinder. Itu tidak berhasil dan dihentikan pada tahun 1927. [4]Pada tahun 1931, BMW memperkenalkan satu silinder poros-driven R2, [5] yang, sebagai motor 200 cc, bisa dioperasikan di Jerman tanpa lisensi sepeda motor pada waktu itu . [6] [7] The R2 menuju serangkaian single-silinder BMW sepeda motor, termasuk 400 cc R4 pada tahun 1932 dan 300 cc R3 pada tahun 1936. [8]
BMW R12: R12 dan R17 adalah motor produksi pertama dengan hidrolik teredam garpu teleskopik
The BMW R12 dan R17, baik diperkenalkan pada tahun 1935, adalah sepeda motor produksi pertama dengan hidrolik teredam garpu teleskopik. [5] [9]
Pada tahun 1937, Ernst Henne mengendarai supercharged 500 cc (31 inci kubik) overhead camshaft BMW 173,88 mph (279,83 km / h), menciptakan rekor dunia yang berdiri selama 14 tahun.
BMW Sahara, Polandia 1944
Selama Perang Dunia II yang Wehrmacht diperlukan sebagai banyak kendaraan seperti itu bisa dari semua jenis dan banyak perusahaan Jerman lainnya diminta untuk membangun sepeda motor. The R75 dilakukan sangat baik di lingkungan operasi yang keras dari Kampanye Afrika Utara. Sepeda motor dari setiap gaya telah dilakukan diterima dengan baik di Eropa tetapi, di padang gurun, silinder menonjol dari mesin datar kembar dilakukan lebih baik daripada konfigurasi lainnya yang terlalu panas di bawah sinar matahari. Poros drive juga dilakukan lebih baik dari rantai-drive yang rusak akibat gurun pasir.
Angkatan Darat Amerika Serikat mencatat keunggulan ini dan meminta Harley-Davidson, India dan Delco untuk menghasilkan sepeda motor yang mirip dengan sisi-katup BMW R71. Harley-Davidson disalin mesin BMW dan transmisi-hanya mengkonversi pengukuran metrik untuk inci-dan diproduksi poros-drive 750 cc (46 inci kubik) 1942 Harley-Davidson XA. [10]

1945-1955

Roundel tangki denganSerif tipografi
BMW R35, dibangun di Jerman Timur setelah Perang Dunia II
Pertama pasca perang Jerman Barat BMW, yang 1948 250 cc BMW R24 siap dijual
500 cc BMW R51 / 3
Akhir Perang Dunia II ditemukan di reruntuhan BMW. Luar pabrik dari Munich dihancurkan oleh bom Sekutu.The Eisenach fasilitas, sementara rusak parah, tidak benar-benar hancur, dan perkakas dan mesin telah disimpan dengan aman di dekatnya. Bertentangan dengan akun populer, fasilitas itu tidak dibongkar oleh Soviet sebagai reparasi dan dikirim ke Uni Soviet untuk dipasang kembali di Irbit untuk membuat IMZ-Uralsepeda motor; tanaman IMZ dipasok ke Soviet oleh BMW di bawah lisensi sebelum invasi Jerman ke Uni Soviet pada bulan Juni 1941. Setelah perang, sebagian besar insinyur BMW dibawa ke AS atau Uni Soviet untuk melanjutkan pekerjaan yang telah mereka lakukan pada jet mesin dengan BMW selama perang.
Ketentuan penyerahan Jerman melarang BMW dari sepeda motor manufaktur. Pada tahun 1947, ketika BMW mendapat izin untuk memulai produksi sepeda motor dari otoritas AS di Bavaria, [11] BMW harus memulai dari awal. Tidak ada rencana, cetak biru, atau gambar skematik karena mereka semua di Eisenach. Insinyur perusahaan harus menggunakan sepeda motor yang masih hidup sebelum perang untuk menyalin sepeda. Pertama pasca-perang BMW sepeda motor di Jerman Barat, yang R24 250 cc, diproduksi pada tahun 1948. R24 itu reverse-engineered dari pra-perang R23 dengan beberapa perbaikan atas R23, [12] dan satu-satunya pasca perang Jerman Barat BMW tanpa suspensi belakang. Pada tahun 1949, BMW diproduksi 9.200 unit dan pada tahun 1950 produksi melampaui 17.000 unit.
1949 BMW R24
Kembar BMW petinju diproduksi 1950-1956 termasuk 500 cc model R51 / 2 dan 24 hp (18 kW)R51 / 3, 600 model cc 26 hp (19 kW) R67, 28 hp (21 kW) R67 / 2, dan R67 / 3, dan olahraga 35 hp (26 kW) 600 cc Model R68. Semua model ini datang dengan plunger suspensi belakang, garpu depan teleskopik, dan chrome, drive shaft terkena. Kecuali untuk R68, semua kembar ini datang dengan "bell-bottom" fender depan dan berdiri depan.
Situasi ini sangat berbeda di Soviet yang dikendalikan Jerman Timur di mana tanaman sepeda motor tunggal BMW di Eisenach adalah memproduksi R35 dan beberapa sepeda motor R75 untuk reparasi. Hal ini mengakibatkan satu BMW pabrik sepeda motor yang ada di Eisenach antara tahun 1945 dan 1948 dan dua perusahaan sepeda motor yang ada antara tahun 1948 dan 1952. Salah satunya BMW di Munich Jerman Barat (kemudian Republik federal Jerman) dan yang lainnya di Soviet dikendalikan Eisenach, Jerman Timur (kemudian Republik Demokratik Jerman), keduanya menggunakan nama BMW. Akhirnya pada tahun 1952. setelah Soviet menyerahkan kontrol dari tanaman kepada Pemerintah Jerman Timur, dan mengikuti gugatan merek dagang, tanaman ini berganti nama EMW (Eisenacher Motoren Werke). Alih-alih BMW roundel biru-putih, EMW menggunakan roundel merah-putih yang sangat mirip sebagai logonya. [13] Tidak ada sepeda motor yang dibuat di Jerman Timur setelah Perang Dunia II yang diproduksi di bawah otoritas BMW di Munich karena ada tidak perlu untuk kekuatan pendudukan untuk mendapatkan kewenangan tersebut. Sepeda motor BMW R35 diproduksi di Eisenach sampai 1952, ketika mereka menjadi EMW.

1955-1969

250cc R27, yang terakhir BMW poros-driven tunggal
Sebagai tahun 1950 berlangsung, penjualan sepeda motor anjlok. Pada tahun 1957, tiga dari pesaing besar Jerman BMW keluar dari bisnis. Pada tahun 1954, BMW diproduksi 30.000 sepeda motor. Pada tahun 1957, jumlah itu kurang dari 5.500.
1959 R50
Pada tahun 1955, BMW mulai memperkenalkan berbagai baru sepeda motor dengan Earles garpu dan drive shaft tertutup. Ini adalah 26 hp (19 kW) 500 cc R50, 30 hp (22 kW) 600 cc R60, dan 35 hp (26 kW) olahraga 600 cc R69.
Pada tanggal 8 Juni 1959, John Penton mengendarai BMW R69 dari New York ke Los Angeles pada 53 jam dan 11 menit, pemotongan lebih dari 24 jam dari rekor sebelumnya dari 77 jam dan 53 menit yang ditetapkan oleh Earl Robinson pada 45 inci kubik (740 cc) Harley-Davidson.
Meskipun penjualan US sepeda motor BMW yang kuat, BMW dalam kesulitan keuangan. Melalui kombinasi menjual divisi mesin pesawat dan memperoleh pembiayaan dengan bantuan Herbert Quandt, BMW mampu bertahan. Perputaran itu sebagian berkat keberhasilan peningkatan divisi otomotif BMW. Sejak awal manufaktur sepeda motor, BMW berkala memperkenalkan model silinder tunggal. Pada tahun 1967, BMW menawarkan terakhir ini, R27. Sebagian besar korban BMW masih dirancang untuk digunakan dengan sidecars. Pada saat ini sidecars tidak lagi pertimbangan yang paling pengendara; orang tertarik sepeda motor sporty.
26 hp (19 kW) R50 / 2, 30 hp (22 kW) R60 / 2, dan 42 hp (31 kW) R69S menandai akhir dari sespan berkemampuan BMW. Dari era ini, R69S tetap contoh yang paling diinginkan dari dijuluki "/ 2" seri ("slash-dua") karena tenaga mesin secara signifikan lebih besar dari model lain, antara lain fitur unik untuk desain ini. [14]
Untuk tahun 1968 dan 1969 model yang hanya tahun, BMW diekspor ke Amerika Serikat tiga "AS" model. Ini adalah R50US, yang R60US, dan R69US. Pada sepeda motor ini, tidak ada lugs sespan terpasang ke frame dan garpu depan yang garpu teleskopik, yang kemudian digunakan di seluruh dunia pada slash-seri 5 tahun 1970 melalui 1973. model Earles-garpu yang dijual secara bersamaan di Amerika Serikat sebagai pembeli memiliki pilihan mereka suspensi depan.

1970-1982 

Pada tahun 1970, BMW memperkenalkan lini produk yang sama sekali dirubah dari 500 cc, 600 cc dan 750 model cc perpindahan, yangR50 / 5, R60 / 5 dan R75 / 5 masing-masing, [15] [16] yang datang dengan "US" teleskopik garpu disebutkan di atas. [rujukan?] Mesin yang mendesain ulang lengkap. Roller dan bola-bantalan di bagian bawah telah digantikan oleh shell-jenis bantalan jurnal yang sama dengan yang digunakan dalam mesin mobil modern. [15] [16] The camshaft, yang telah di bagian atas mesin, ditempatkan di bawah crankshaft, [15]memberikan ground clearance yang lebih baik di bawah silinder sementara tetap mempertahankan rendah pusat gravitasi dari tata letak datar kembar. [rujukan?] Mesin baru memiliki starter listrik, meskipun gearbox-mount tradisional kick starter dipertahankan. [15] The styling dari model pertama termasuk panel samping berlapis krom dan tangki dibenahi. The / 5 seri diberi swingarm lagi belakang, sehingga wheelbase lebih panjang. Ini ditingkatkan penanganan dan memungkinkan baterai yang lebih besar yang akan diinstal.
The / 5 model adalah yang pertama akan dibangun di pabrik sepeda motor baru BMW di Spandau, Berlin Barat. [15] [17] produksi sepeda motor telah dipindahkan dari pabrik Milbertshofen di Munich untuk pabrik ini, yang telah dibangun di situs sebelumnya ditempati oleh Siemens pabrik mesin pesawat. [18] [19]
The / 5 model yang berumur pendek, bagaimanapun, digantikan oleh garis lain produk baru pada tahun 1974. Pada tahun itu model 500 cc telah dihapus dari lineup dan bahkan lebih besar 900 cc model yang diperkenalkan, seperti gearbox lima kecepatan , [16] [20] dan perbaikan sistem listrik dan bingkai geometri. [rujukan?] Model-model ini adalah R60 / 6, R75 / 6 dan R90 / 6. Pada tahun 1973 model supersport, yang BMW R90S, diperkenalkan. [16] [20] Pada tahun 1975, kick starter akhirnya dihilangkan. [20]
1994 BMW R100RT
Pada tahun 1977, lini produk pindah ke "/ 7" model. R80 / 7 ditambahkan ke baris. The R90 (898 cc) model, "/ 6" dan model R90S digantikan oleh versi update dengan baru 1.000 cc; mesin, yang R100 / 7, yang R100S dan model super sport baru R100RS dengan penuh fairing. Model ramping ini, dirancang melalui terowongan angin pengujian, menghasilkan 70 hp (51 kW) dan memiliki kecepatan tertinggi 200 km / h (124 mph). [21] The R100RS memiliki rasio bagian belakang lebih pendek untuk mengatasi hambatan angin yang lebih tinggi dari full fairing. Banyak tes motor periode di Jerman (Das Motorrad) menunjukkan itu sebenarnya sedikit lebih lambat dari R100Sdengan hanya 65 hp. Pada tahun 1978, R100RT diperkenalkan ke dalam lineup untuk model tahun 1979, BMW pertama "penuh-dress" tourer. RS dan RT fairings yang sangat mirip dalam penampilan; Namun, fairing RS pada dasarnya perampingan / shell pelindung ringan dan kaca depan tanpa fungsi lainnya, sedangkan shell RT lebih berat dan memiliki dua "kotak sarung tangan" kompartemen dikunci, kisi ventilasi dan kaca depan disesuaikan. RT fairing secara luas digunakan untuk sepeda motor polisi, dengan peralatan radio di kompartemen fairing.
Pada tahun 1979, R60 diganti dengan 650 cc R65, sepeda motor entry-level dengan 48 hp (36 kW) yang memiliki desain bingkai sendiri. Karena ukurannya yang lebih kecil dan geometrik yang lebih baik, depan dan belakang 18 inci (460 mm) roda dan roda gila sangat ringan, adalah sepeda penanganan juga sangat yang bisa dengan mudah menjaga dan bahkan lari dari saudara yang lebih besar ketika di tangan yang tepat di jalan berliku-liku. BMW menambahkan varian pada tahun 1982: yang R65LS, sebuah "sporty" model dengan fairing seperempat, dua rem cakram depan, suspensi lebih kaku dan karburator yang berbeda yang ditambahkan 5 hp (4 kW).

1983-2003

1986 BMW K100RS
BMW R1200C cruiser
1996-2004 BMW K1200RS
Pada awal tahun 1983, BMW memperkenalkan 987 cc, in-line empat silinder, injeksi bahan bakar mesin berpendingin air untuk pasar Eropa, K100. Seri K hadir dengan suspensi belakang disederhanakan dan khas, sebuah swingarm satu-sisi. (Pada tahun 1985 petinju R80RT motor touring bertenaga tradisional menerima sistem suspensi Monolever belakang ini dan pada tahun 1987 yang R100RT menerimanya).
Pada tahun 1985, BMW memperkenalkan 750 cc versi tiga silinder, yang satu ini merapikan dengan pertama, yang lain penyeimbangporos.
Pada tahun 1986, BMW memperkenalkan kaca elektrik adjustable pada K100LT.
Pada tahun 1988, BMW memperkenalkan ABS pada sepeda motor. ABS menjadi standar pada semua model BMW K. Pada tahun 1993 ABS pertama kali diperkenalkan pada petinju online BMW pada R1100RS. Sejak itu menjadi tersedia sebagai pilihan pada sisa rentang sepeda motor BMW.
Pada tahun 1989, BMW memperkenalkan versi dari motor sport full fairing-, K1. Hal itu didasarkan pada mesin K100, tapi sekarang dengan empat katup per silinder. Output dekat 100 hp (75 kW).
Pada tahun 1995, BMW menghentikan produksi tolol mesin 2-katup dan pindah jalur petinju bermesin yang benar-benar ke 4-valveoilhead sistem pertama kali diperkenalkan pada tahun 1993.
Selama periode ini, BMW memperkenalkan sejumlah sepeda motor termasuk:
The R1200C, diproduksi 1997-2004, adalah BMW Motorcycles hanya masuk ke Cruiser pasar. Di ujung lain dari model lineup, C1, yang dihasilkan dari 2000 sampai 2002, adalah skuter tertutup, satu-satunya skuter untuk ditawarkan untuk dijual oleh BMW.

Sejak tahun 2004

K series

Pada tanggal 25 September 2004, BMW secara global meluncurkan radikal didesain ulang K Series sepeda motor, yang K1200S, mengandung semua empat-silinder, mesin baru di-line liquid-cooled menampilkan 123 kW (165 hp). [22] The K1200S terutama dirancang sebagai sepeda motor Super Sport, meskipun lebih besar dan lebih berat dari pesaing terdekat Jepang. Tak lama setelah peluncuran K1200S, masalah ditemukan dengan pembangkit listrik baru yang mengarah ke penarikan kembali sampai awal tahun 2005, ketika perubahan korektif ditempatkan di tempat.
Pada tahun-tahun setelah peluncuran K1200S, BMW juga telah meluncurkan K1200R roadster telanjang, dan K1200GT tourer olahraga, yang mulai muncul di showroom dealer di musim semi (Maret-Juni) 2006. Semua tiga sepeda motor K-series baru didasarkan pada mesin baru empat silinder in-line, dengan sedikit berbagai tingkat kekuasaan. Pada tahun 2007, BMW menambahkan K1200R Sport, [23] versi sport touring semi-faired dari K1200R.
Pada bulan Oktober 2008, BMW meluncurkan tiga model 1300 cc K-series baru: K1300R., K1300S dan K1300GT [24] Model K1300 fitur peningkatan kapasitas mesin 136 cc, peningkatan kekuatan untuk 175 hp (130 kW), baru gaya fairings dan sistem knalpot baru.
Pada tahun 2011, BMW meluncurkan dua enam silinder, 1.600 cc, K1600GT dan K1600GTL sepeda motor, mantan dimaksudkan sebagai olahraga-tourer dan yang terakhir sebagai mewah tur Model. Mesin menghasilkan 160 hp (120 kW) dan £ 129 · ft (175 N · m). Mereka juga menawarkan lampu adaptif, kontrol traksi, ABS, monitor tekanan ban, dan berbagai sistem suara.

R seri

Pada tahun 2005, sepeda dengan lawan-silinder kembar "petinju" mesin juga dirubah. Petinju perpindahan baru 1170 cc (71 inci kubik).Mesin lebih kuat, dan semua sepeda motor yang menggunakannya lebih ringan dari pendahulunya.
Sepeda motor pertama yang akan diluncurkan dengan mesin ini diperbarui adalah R1200GS dual-tujuan sepeda motor. The R1200RTtourer dan R1200ST olahraga tourer diikuti segera balik. BMW kemudian memperkenalkan 175 kg (386 lb), 105 kW (141 hp) HP2 Enduro, dan 223 kg (492 lb), 100 hp (75 kW) R1200GS Adventure setiap khusus menargetkan sepeda motor off-road dan adventure-touring segmen, masing-masing. Pada tahun 2007, HP2 Enduro bergabung dengan jalan-bias HP2 Megamoto dilengkapi dengan velg yang lebih kecil dan ban jalan.
Pada tahun 2006, BMW meluncurkan R1200R dan R1200S, yang dinilai pada 81 kW (109 hp) @ 7.500 rpm.
Pada tahun 2014, BMW memperkenalkan sekali baru R1200RT dengan 125 hp (92 kW) pada 7.750 rpm, 92 lb / ft (125 Nm) torsi pada 6.500 rpm, dan kopling basah.
Pada 2015 BMW diperkenalkan di R1200RT keyless ignition dan "San Marino biru" warna.

F seri 

F 800S
BMW juga telah memperhatikan F Series pada tahun 2006. Ini menurunkan harga pada yang ada F650GS dan F650GS Dakar, dan menghilangkan F650CS Scarver untuk membuat ruang di lineup untuk F800 Seri semua-baru. Sepeda motor baru yang didukung oleh mesin kembar paralel, dibangun oleh Rotax. Mereka fitur baik sistem sabuk drive, mirip dengan drive belt ditemukan di F650CS sekarang mati, atau drive rantai. Awalnya, BMW meluncurkan dua model dari seri F800 yang baru, F800S motor sport dan tourer F800ST olahraga;ini diikuti oleh F650GS dan F800GS motor dual purpose, yang keduanya menggunakan mesin 798 cc meskipun nama yang berbeda. [25]

G series 

G650 Xchallenge enduro
Pada bulan Oktober 2006, menyusul perubahan nomenklatur, BMW mengumumkan seri G gaya offroad sepeda motor co-dikembangkan dengan Aprilia. Tersebut dilengkapi dengan 652 cc mesin uprated satu silinder berpendingin air bahan bakar injeksi memproduksi 53 hp (40 kW), mirip dengan yang dipasang pada silinder tunggal F650GS, dan dilengkapi dengan rantai drive. Awalnya, ada tiga model dalam seri, semua diproduksi untuk BMW oleh Aprilia di mereka Utara Italia Scorze Tanaman, masing-masing fokus pada pasar yang sedikit berbeda:
  • G650 Xchallenge enduro keras menampilkan 21 inci depan dan belakang spoked roda 18 inci [26]
  • G650 xcountry olahraga pengacak / petualangan menampilkan 19 inci depan dan belakang spoked roda 17 inci [26]
  • G650 Xmoto jalan moto / supermoto menampilkan velg 17 inch cor. [26]
The G450X, hard-enduro diperkenalkan pada tahun 2007, [27] dan dihentikan pada tahun 2010.
Pada akhir 2010 BMW memperkenalkan G650GS, versi luas facelifted dan ulang dari F650GS asli.

HP2 Series

Pertama adalah 175 kg (386 lb), 105 hp (78 kW) HP2 Enduro, diikuti oleh jalan-bias HP2 Megamoto dilengkapi dengan velg yang lebih kecil dan ban jalanan pada tahun 2007.
Pada bulan April 2007, BMW mengumumkan kembalinya ke balap jalanan kompetitif, memasuki sebuah tim pabrik dengan "Sport Boxer" versi R1200S untuk empat balapan ketahanan 24 jam. [28] Pada tahun 2008 mereka merilis ini sebagai HP2 Sport.

S1000RR 

Artikel utama: BMW S1000RR
S1000RR adalah motor sport diluncurkan untuk bersaing di 2009 World Superbike Championship. [29] Hal ini didukung oleh 999 cc (61 cu in) inline-empat mesin yang memproduksi 193 bhp (144 kW).

Husqvarna akuisisi

Pada tahun 2007, BMW mengakuisisi Husqvarna Motorcycles, termasuk fasilitas produksi dan staf, dari pabrikan Italia MV Agusta. [30] [31] Pada 31 Januari 2013, BMW mengumumkan bahwa Pierer Industrie AG telah membeli Husqvarna untuk jumlah yang tidak diungkapkan, yang tidak akan diungkapkan oleh salah satu pihak di masa depan.[32]

Jenis mesin

Saat ini ada empat baris sepeda motor BMW:
  • F & G series single
  • F seri kembar
  • R series
  • Seri K
Seri berbeda terutama di kelas mesin yang masing-masing menggunakan.

F dan G series single 

F Series dari satu silinder BMW sepeda motor pertama kali diluncurkan pada tahun 1994, sebagai F650, dan dibangun oleh Aprilia di sekitar karburator 650 cc empat tak, empat-katup, mesin piston tunggal, dan rantai drive. Misi untuk F 650 adalah untuk memberikan BMW sepeda motor entry level. Pada tahun 2000, F650 yang didesain ulang, sekarang dengan injeksi bahan bakar, dan diberi label yang F650GS. Off-road yang berfokus Model F650 Dakar juga diluncurkan tahun itu. 2002 melihat penambahan F650CS sepeda motor 'Scarver' untuk line up. The Scarver berbeda dari F650GS varian dalam hal itu dimanfaatkan belt drive sistem lawan rantai, memiliki ketinggian kursi yang jauh lebih rendah, dan dimaksudkan untuk on-road. Semua sepeda motor F650 diproduksi 2000-2007 menggunakan mesin 652 cc yang dibangun di Austria oleh Rotax dan dibangun oleh BMW di Berlin.
Pada akhir 2006, seri G dari offroad bias sepeda motor diluncurkan menggunakan mesin 652 cc yang sama dipasang pada F650GS, meskipun mesin yang tidak lagi diproduksi oleh Rotax. Versi terbaru dari mesin tunggal 652cc dipasang di G650GS baru sekarang diproduksi di Berlin setelah produksi 2 tahun di Loncin, Cina.
Pada bulan November 2007, G450X olahraga enduro sepeda motor diluncurkan menggunakan 450 cc satu silinder. The G450X berisi beberapa perbaikan teknologi selama Jepang off sepeda motor balap jalan tapi yang paling unik dan signifikan adalah penggunaan pivot point tunggal untuk drive sprocket dan lengan ayun. Konfigurasi yang tidak biasa ini memungkinkan untuk sangat tegang rantai drive tanpa slop dan dihilangkan percepatan jongkok. Mantan manfaat menghemat rantai dan sproket memakai dan yang terakhir memungkinkan untuk geometri drive yang lebih konsisten dan perjalanan suspensi belakang sepenuhnya tersedia saat akselerasi berat.

Kembar seri F 

Pada pertengahan tahun 2006, The F Series menambahkan dua sepeda motor baru untuk lineup, yang F800S olahraga sepeda dan F800ST olahraga tourer, baik yang menggunakan 798 cc paralel-twin engine yang dibangun oleh Rotax. Kedua sepeda motor juga fitur sabuk drive sistem yang mirip dengan apa yang digunakan pada F650CS.Pada tahun 2007 F650GS satu silinder diganti dengan twin-silinder F800GS dan F650GS model. Yang terakhir menggunakan versi de-tuned dari mesin 798 cc dilengkapi dengan F800GS, [25] menandai keberangkatan dari BMW konvensi penamaan.

R seri datar kembar 

Empat berbeda tolol BMW dan katup meliputi oilhead
Katup penutup dua sirip 1954 R68 ini
Seri R yang dibangun di sekitar horizontal menentang datar kembar (petinju) mesin. Sebagai mesin dipasang dengan crankshaft longitudinal, kepala silinder menonjol baik di luar sisi frame. Awalnya, R seri sepeda memiliki kepala berpendingin udara tetapi sekarang hanya diproduksi dengan parsial pendinginan minyak atau pendingin air. Jenis pendingin mesin pembakaran internal yang digunakan di berbagai mesin seri R mengarah ke penggunaan membedakan nama tolol dan oilhead.

Airheads 

Airheads adalah sepeda motor BMW dengan datar kembar mesin berpendingin udara yang dibangun dari tahun 1923 ke tahun 1995. Sebagian airheads dibuat 1969-1995 menggunakan BMW 247 mesin, meskipun 248/1 mesin yang digunakan pada menengah R-series sepeda motor dari 1978 ke tahun 1993. Bahkan sepeda motor performa tinggi, seperti R90S menggunakan 247 mesin; [33] dan penggantinya, R100RS, dilengkapi dengan pendingin oli.

Oilheads 

Sebuah "Oilhead" adalah nama untuk menggambarkan BMW mesin sepeda motor datar kembar dengan parsial minyak-pendinginan, dan untuk membedakan mesin ini dari "Dungu" model sebelumnya berpendingin udara. [34] The Oilhead ini silinder bersirip memiliki konvensional pendingin udara, tapi empat katup silinder-kepala yang didinginkan oli.Tidak seperti sebelumnya petinju BMW yang memiliki camshaft tunggal dalam bak mesin (berbagai atas atau di bawah crankshaft), yang Oilhead memiliki camshaft di setiap kepala. (Hal ini masih secara teknis OHV mesin daripada benar SOHC satuan, sebagai beruang camshaft ke pushrods sangat pendek yang beroperasi rocker valve). Pada 2013, BMW memperkenalkan air pendingin untuk berbagai petinju nya.

Mesin boxer berpendingin air 

Dari 2014, beberapa sepeda BMW memiliki air-cooled-kepala, tapi (seperti oilheads), mesin baru masih menggunakan pendingin udara untuk silinder. Inlet sekarang di atas silinder (tidak belakang seperti sebelumnya) dan knalpot berada di bawah (tidak lagi di depan).

Single R series 

Antara pengenalan R39 pada tahun 1925 dan penghentian R27 pada tahun 1967, BMW membuat sepeda motor dengan mesin silinder tunggal. Ini adalah serupa di desain untuk sepeda motor datar kembar besar mereka, termasuk penggunaan drive shaft, tapi mesin dipasang secara vertikal dalam bingkai. [35]

Seri K mesin lurus 

K series BMW memiliki mesin berpendingin air dari tiga (K75), atau empat (K100, K1100, K1200, K1300), atau enam (K1600) silinder. Sampai tahun 2004, semua mesin seri K, apakah tiga atau empat silinder adalah bahwa yang asli "terbang bata" tata letak, sehingga disebut karena penampilan luar dari mesin. Tata letak mesin-mesin K aslinya adalah unik dalam sepeda motor di bahwa mesin ini dipasang berbaring pada sisinya, dengan engkol di sisi kanan sepeda dan kepala silinder dan / valve gigi di sebelah kiri. Format ini memiliki keuntungan yang memungkinkan sistem penggerak untuk hanya memiliki satu terjemahan 90 derajat dalam perumahan final drive, berpotensi mengurangi kerugian drive train. Semua asli mesin Format K juga dikawinkan dengan otomotif tipe kopling kering. Penggunaan seragam mesin K tradisional berhenti dengan model K1200 pada tahun 2005, dengan mesin baru 1.200 seri yang berbeda dari batu bata terbang di bahwa itu adalah melintang 55 derajat kemiringan-mount mesin empat silinder konvensional digabungkan ke kopling basah dan gearbox unit konstruksi. Ia saat ini juga bahwa K sepeda drive shaft bergerak dari sisi kanan ke kiri. Meskipun mesin baru ini, mesin K terbang batu bata tradisional terus dalam pelayanan dengan K1200LT mewah tur sepeda raksasa sampai 2009, di mana titik bata terbang tersingkir bersama dengan K1200LT tersebut.Ini adalah peristiwa yang diramalkan pengembangan mesin K utama dalam hal ukuran dan kompleksitas, K1600 seri enam silinder dipasang pada K1600GT dan GTL model.
BMW K100 mesin sepeda motor sekitar tahun 1986
Dari tahun 1985 sampai 1996, K75 740 cc tiga silinder diproduksi.
Pada tahun 1991, BMW meningkatkan perpindahan dari K100 dari 987 cc ke 1.097 cc dan model penunjukan menjadi K1100 tersebut.The K1100LT adalah yang pertama dengan perpindahan mesin baru. Pada tahun 1998 BMW peningkatan ukuran lagi untuk 1.170 cc.Upgrade datar empat mesin ini muncul di K1200RS. Mesin ini terus di produksi untuk berbagai K1200LT, dengan kekuatan meningkatkan pembaruan pada tahun 2004, sampai akhir jangka produksi LT.
Mesin K1200 kemudian adalah 1.157 cc melintang inline-empat, mengumumkan pada tahun 2003 dan pertama kali terlihat pada tahun 2005 K1200S. Mesin baru menghasilkan 123 kW (165 hp) dan dimiringkan ke depan 55 derajat. Ini adalah 43 cm (17 in) lebar, memberikan sepeda yang sangat rendah pusat massa tanpa mengurangi sudut ramping maksimal. [36]
Pada bulan Oktober 2008, BMW mengumumkan K1300GT, K1300S dan K1300R model baru, yang semuanya fitur yang lebih besar kapasitas mesin 1.293 cc menghasilkan tenaga hingga 175 hp (130 kW). Mesin baru menghasilkan output daya maksimum 1.000 RPM rendah dari mesin sebelumnya, memproduksi lebih banyak torsi karena sebagian kupu-kupu sayap dipasang di knalpot.
Pada tahun 2011, BMW meluncurkan K1600 rentang-the K1600GT dan K1600GTL-menampilkan baru 1649 cc (100,6 cu in) lurus-enam mesin, yang dipasang melintang di sasis. [37] Mesin ini miring ke depan oleh 50 °. [ 38] Mesin ini awalnya digunakan pada Konsep 6, sebuah konsep sepeda yang ditampilkan pada 2009 EICMA Milan Motor Show.[39] BMW mengklaim bahwa mesin di 560 mm (22 in) lebar, hanya 67 mm (2,6 in) lebih lebar dari mesin K1300, [38] adalah tersempit mesin enam silinder yang pernah diproduksi.Lubang silinder adalah 72,0 mm (2,83 in) dan jarak antara pusat silinder 77 mm (3,0 in). [38] The camshaft berlubang, dengan lobus cam menekan, yang menyimpan sekitar £ 2 (0,91 kg). [40] The mesin memiliki kontrol throttle elektronik dan beberapa mode berkendara yang dapat diatur sesuai dengan kondisi jalan.

Model penunjukan 

BMW menggunakan nomenklatur tiga segmen sepeda motor. Segmen pertama menunjukkan jenis mesin, yang kedua menunjukkan perkiraan perpindahan mesin dalam sentimeter kubik (dengan satu pengecualian - F 650 GS, yang memiliki kapasitas mesin dari 798cc [41]), sementara yang ketiga menunjukkan kelas sepeda motor ( misalnya, olahraga, sport touring, dual-olahraga, dll). Tiga segmen dipisahkan oleh kosong. [42] [43] [44] 
Sebuah nomenklatur 3 segmen yang sama digunakan untuk mobil BMW. Namun, ada signifikan kurang konsistensi di kisaran sehubungan dengan segmen kedua (perpindahan mesin / 100).
Jenis mesin
  • R - berpendingin udara, horizontal menentang ("boxer") 2 silinder, berpendingin air setelah 2014
  • K - air didinginkan, inline 3, 4 atau 6 silinder
  • F - air didinginkan, vertikal 1 silinder (sampai 2006), vertikal 2 silinder (setelah tahun 2006)
  • G - air didinginkan, vertikal 1 silinder
  • S - air didinginkan, inline 4 silinder Superbike
Perpindahan mesin dalam cc
  • Model saat ini: 1600, 1300, 1200, 1000, 900, 800, 650 dan 450. model sebelumnya termasuk 850, 1100, dan 1150.
  • Lama Model BMW membagi perkiraan perpindahan mesin oleh sepuluh untuk nomor model. Misalnya, K75 = kira-kira 750 cc.
R1200RT-P otoritas Model
Styling sebutan akhiran:
  • C - Cruiser
  • CS - Sport Classic
  • G / S - Gelände / Strasse Off-road / jalan
  • GS - Gelände Sport Off-road Sport (Enduro)
  • GT - Gran Turismo atau Grand Touring
  • LS - Luxury Sport
  • LT - Luxus Tourer (Luxury Tourer)
  • R - Jalan atau Roadster - biasanya telanjang
  • RR - Superbike / Racing
  • RS - Awalnya berdiri untuk Rennsport, tapi sejak tahun 1976 telah berdiri selama Reisesport [45]
  • RT - Reise Tourer (Tourer Travel)
  • S - Olahraga
  • ST - Strasse (jalan) atau Sport Tourer
  • T - Touring
Selain itu, sepeda mungkin memiliki pengubah berikut dalam namanya:
  • A - ABS
  • L - mewah
  • P - Polisi
  • C - kustom
  • PD - Paris Dakar
Contoh: K 1200 S, R 1200 RT, F 650 GS, R 1150 RSL, K 1200 LT, K 1200 LT-C, R 1200 RT-P, R 1200 RSA, S 1000 RR
Sebelum pengenalan dari seri K 100 dan R 1100 sepeda motor seri, surat awalan selalu sama, dan nomor yang baik berdasarkan perpindahan, sebagaimana disebutkan di atas, atau yang nomor hanya Model.

Teknologi 

Suspensi belakang 

Suspensi belakang satu-sisi 

Pertama BMW Monolever suspensi muncul pada tahun 1980 pada kisaran R80G / S kemudian baru. Itu sendi universal tunggal segera di belakang unit mesin / gear-box. Sistem ini kemudian dimasukkan pada versi terbaru dari K & R Series.

Paralever 

Paralever adalah kemajuan lebih lanjut dalam teknologi suspensi belakang satu-sisi BMW (foto kanan). Ini decouples reaksi torsi sebagai suspensi kompres dan meluas, menghindari kecenderungan untuk jongkok di bawah pengereman dan mengurangi ban obrolan di permukaan jalan. Saat itu diperkenalkan pada tahun 1988 R 80 GS dan R 100 GS sepeda motor.
Direvisi, Paralever terbalik padaR1200GS
Pada tahun 2005, bersama dengan pengenalan "hexhead", BMW terbalik Paralever dan pindah lengan torsi dari bawah ke atas drive shaft perumahan (foto kanan). Hal ini akan mengurangi underhang komponen dan cenderung meningkat ground clearance di kanan ramping.
Istilah "Paralever" adalah portmanteau kata dari "Jajar Genjang" dan "Lever". The "tuas adalah lengan ayun, dan" genjang "adalah bentuk antara empat elemen suspensi belakang (belakang drive, drive shaft, transmisi, dan lebih rendah atau brace atas) produsen sepeda motor lain telah dipatenkan desain yang sama, termasuk Arturo. Magni untuk MV Agusta dan Moto Guzzi 's Compact Reaktif Shaft Drive.

Suspensi depan 

Telescopic fork 

Pada tahun 1935, BMW dipasang pertama hidrolik teredam diproduksi secara massal telescopic fork untuk nya R12 dan R17 sepeda motor. BMW masih menggunakan garpu teleskopik hari ini F-series, G-series, HP, dan S1000RR sepeda motor.
R-series, yang telah digunakan hanya Telelever dan suspensi depan Duolever selama beberapa tahun, [rujukan?] Telah sebagian kembali ke garpu teleskopik di model tahun 2015 dengan pengenalan R 1200 R dan R 1200 RS. [46 ]

Earles garpu 

Earles garpu pada BMW R60 / 2
Inggris Ernest Earles dirancang garpu Triangulasi unik yang, tidak seperti garpu teleskopik, menolak sisi-pasukan diperkenalkan oleh sidecars. [47] [48] [49] BMW dipasang garpu Earles untuk semua model untuk 14 tahun dari 1955. Dalam acara tersebut , ini adalah tahun bahwa penggunaan sidecars memuncak dan cepat jatuh di sebagian besar pasar Eropa (misalnya Inggris) tetapi sistem garpu Earles sangat disukai oleh pengendara tunggal juga. Hal ini menyebabkan ujung depan sepeda motor meningkat di bawah pengereman - kebalikan dari tindakan garpu teleskopik. Kekuatan mekanik desain ini kadang-kadang terbukti menjadi kelemahan ke seluruh sepeda motor, karena transfer tekanan dampak frame mana kerusakan lebih sulit dan mahal untuk memperbaiki. 

Telelever garpu 

Suspensi Telelever depan BMW pada R1150R
Dikembangkan oleh Saxon-Motodd di Inggris pada awal tahun 1980, yang Telelever garpu bertujuan untuk meningkatkan penanganan stabilitas saat menikung dan pengereman. Telelever menggunakan konvensional garpu teleskopik, tapi kandang berisi hanya lubricationg minyak. Melompat dan redaman fungsi ditangani oleh monoshock melekat pada "Telelever" wishbone. Pivot wishbone di depan blok mesin, dan maju akhirnya wishbone yang terpasang melalui mawar-bersama dua gol menghubungkan slider garpu. Karena tidak ada tiga penjepit lebih rendah, slider garpu lebih panjang dan lebih ringan dari pada garpu teleskopik konvensional, dan lebih besar tumpang tindih slider / tabung mengurangi baik fleksibel torsi danberat badan unsprung.
Manfaat utama Telelever sistem adalah bahwa ia memisahkan fungsi kemudi dari pengereman dan suspensi fungsi pengereman pasukan diambil kembali melalui wishbone, sehingga menghilangkan rem menyelam. Saat pengereman, jejak dan jarak sudut (rake) meningkatkan bukannya menurun seperti pengendara teleskopik forks.Some tradisional digunakan untuk garpu konvensional melaporkan bahwa Telelever dapat awalnya kurang "merasa", dan bahwa tidak adanya menyelam awalnya membingungkan; [50 ] tetapi R1100S BoxerCup Replika (model dengan seri balap sendiri) menunjukkan bahwa garpu Telelever memberikan penanganan tanggap dan dapat diprediksi. [34] [51]
Istilah "Telelever" adalah portmanteau kata dari "garpu teleskopik" dan "Lever"; yang "tuas" menjadi lengan wishbone.

Duolever 

Bagian atas suspensi Duolever
Pada tahun 2004, BMW mengumumkan K1200S, menggabungkan suspensi depan baru berdasarkan desain oleh Norman Hossack. [52] BMW mengakui fakta ini tapi dibayar Hossack tidak ada royalti. BMW bernama suspensi depan baru yang Duolever. Pada 2009, Duolever adalah pada K1300S, K1300R dan K1300GT.
Pejabat BMW Motorrad penjelasan duolever adalah: [53]
Suspensi roda Duolever depan kinematik dianggap sebagai gabungan persegi, di mana dua link tertinggal terbuat dari baja ditempa melekat melalui bantalan bergulir ke frame. Link ini tertinggal, yang secara visual menyerupai garpu konvensional, panduan pembawa roda sangat torsionally kaku yang terbuat dari pengecoran cetakan permanen aluminium. Sebuah strut sentral, yang menyesuaikan suspensi dan redaman, terkait dengan lebih rendah dari dua link tertinggal, dan terletak terhadap frame.

Sebuah gabungan trapesium geser dipasang ke kepala kontrol dan pembawa roda digabungkan dengan stang. Sendi geser ini mentransmisikan gerakan kemudi. Dengan demikian, desain Duolever berbeda dengan telefork tidak perlu geser dan tabung tetap.Pada saat yang sama, itu decouples kemudi serta redaman lebih konsisten daripada telelever terbukti.
Keuntungan dari suspensi roda depan ini di pasar sepeda motor saat ini adalah kekakuan torsi nya. BMW Motorrad Duolever suspensi roda depan tidak dipengaruhi oleh kekuatan negatif dengan cara yang sama sebagai telefork konvensional yang tetap dan lepas landas tabung memutar lateral serta longitudinal selama tergoyang-goyang / rebound dan kemudi. Its dua link membuntuti menyerap kekuatan yang dihasilkan dari tergoyang-goyang / Rebound dan menjaga pembawa roda stabil. Dengan demikian, torsioning setiap dikecualikan dan suspensi roda depan adalah sangat tepat. Perintah kemudi pengendara dikonversi langsung dan umpan balik dari roda depan transparan dalam segala kondisi mengemudi.
Efek anti-dive kinematika adalah tambahan dicapai, seperti untuk Telelever, karena susunan bantalan link yang membuntuti.Sementara telefork konvensional selama manuver pengereman kuat jounces berat atau kunci, yang Duolever masih memiliki wisata air yang cukup tersisa dalam situasi ini dan karena itu pengendara masih bisa rem ke sudut sangat terlambat belum terarah stabil. 
Kendala-menghindari manuver dari roda depan saat mengendarai lebih permukaan yang tidak rata dapat dikonversi dengan Duolever mirip dengan perilaku telefork a. Sehubungan dengan massa unsprung rendah dan kekuatan yang memisahkan diri kecil dari sistem, hasil ini dalam karakteristik respon yang lebih sensitif dan nyaman.

SUMBE: http://vintagemotorcylce.blogspot.co.id/2015/10/sejarah-bmw-motor-cycle.html

0 komentar:

Posting Komentar